Rabu, 25 Maret 2015

Rejected

Hello minna ! ! saya lagi merasa rada galau sekarang…tapi kalo kalian nebak saya galau gara-gara habis ditolak gebetan mah kalian kurang tepat jawabannya…mau tahu nggak saya galau gara-gara apa ?


Saya habis ditolak sama perusahaan….

*sfx : hening seketika*

Ya kan maklum saya kan anak SMK,dan kebetulan kalau di sekolah saya itu sekolahnya 4 tahun,dan sekarang saya udah kelas 3 SMK,jadi habis Ujian Nasional kita masih melanjutkan untuk Praktek Kerja Lapangan atau Program Magang :D

Oke,kembali ke topik utama ya…jadi saya mau curhat disini soal penolakan itu,gimana nggak galau coba,saya ditolak setelah tes wawancara tahap akhir,dan kalau andaikan saya lolos,setelah itu tinggal tanda tangan kontrak magang…dan lega deh akhirnya saya dapet tempat magang sebelum UNAS.

Tapi nyatanya tidak semulus itu perjalanan saya…

Mungkin kalo ceritanya saya lolos tes magang sih,saya bakal kasih judul buat artikel ini ‘Accepted’,dan konten-nya pun nggak bakal seperti ini,tapi apa daya nasib saya mungkin nggak disitu magangnya (padahal kantornya cuman deket banget dari rumah TvT) wkwkwk.

Baiklah,kalau begitu saya akan ceritakan pengalaman saya yang satu ini

Sebut saja PT.XX,sebuah perusahaan yang membuka open recruitment untuk siswa kelas 3 SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan…pada awalnya saya cuma tahu kabar ini dari salah satu temen kelas yang mengirim SMS tentang rekruitmen ini,oke pas itu saya udah ada keinginan biar bisa lolos tes tahap awal.

Tapi begitu pas hari H tes tahap awal,rasanya saya nggak punya persiapan apapun untuk menghadapi tes yang diadakan sama perusahaan ini.saya hanya berbekal laptop semata,paling-paling sama tugas-tugas gambar 3D yang masih ditumpuk di sekolah,lha gimana mau ada persiapan,orang pas itu jadwalnya bersamaan dengan try out provinsi…otomatis saya mau nggak mau sedikit mengesampingkan soal rekruitmen dan lebih milih untuk belajar Matematika pas H-1 rekruitmen,dan kalo mau bikin persiapan…saya juga bingung apa aja yang harus dipersiapkan wkwkwk.

Tiba saatnya untuk tes tahap awal…waktu itu saya sempet pesimis nggak bakal keterima di tahap awal,tapi hal itu saya tepis untuk sementara dahulu…sebelum tes tahap awal dimulai,anak-anak yang ikut rekruitmen diberikan penjelasan (atau lebih tepatnya pengenalan) tentang perusahaan tersebut,dan setelah itu baru dimulai tes tahap awalnya…tes nya ada 2 soal,jadi kita disuruh menggambar denah,tampak dan potongan sebuah bangunan dan/atau menggambar denah lighting dari sebuah bangunan,dan gambar itu diharapkan selesai dalam waktu 2 jam.

Dalam hati sebenernya saya udah komat-kamit…”Duh,kalo cuma 2 jam mana mungkin bisa ngerjain semuanya…”,tapi sekalipun ada pikiran kayak begitu,saya tetep usahain buat bisa fokus ngerjain soal yang udah dikasih…dan kebetulan juga waktu itu ada mbak-mbak (ya kakak kelas saya yang magang di PT.XX) dateng ke tempat dimana saya duduk manis sambil ngerjain soal,mbak itu nyuruh saya untuk ngasih salah satu tugas bulanan (tugas gambar 3D) yang udah di-‘spiral’ sebelumnya,waktu itu karena buru-buru saya ngasih tugas yang bulan Oktober…tapi beberapa detik setelah ngasih tugas bulanan yang bulan Oktober ke mbak-nya,saya tiba-tiba kepikiran…”Lho,kok gue ngasih yang itu sih,kan ada hasil render yang hina itu…”,dan akhirnya saya memutuskan untuk manggil mbak-nya yang tadi itu,dan menukar tugas yang bulan Oktober dengan yang bulan September.

Waktu terus berjalan…dan saya masih berkutat sama gambar konstruksi,dan tahu-tahu waktunya tinggal beberapa menit,dan saya belum juga bikin kop dan area buat naruh gambar ‘pada tempatnya’,rasanya tuh nggregeli banget lah,walaupun nggak ada yang nyuruh buat cepet-cepet. Dan pada akhirnya saya cuma bisa nyelesain satu tugas saja (itu aja sebenernya belom beneran 100% kelar lagi). Dan setelah saya mindah kerjaan saya ke flashdisk,seketika saya keluar dengan wajah kuyu…dan pas itu udah jam 5 sore,mana belom sholat Ashar lagi,akhirnya saya langsung menuju masjid.

Di dalam masjid,sehabis sholat,saya nggak lupa memanjatkan doa-doa biar bisa lolos tes rekruitmen yang bikin kepala saya nyaris pecah itu *halah alay*,dan setelah sholat Ashar,saya balik ke lantai 2 perpustakaan,disitu sambil nunggu pengumuman yang lolos tes tahap pertama,saya sama temen saya makan snack yang udah disediain sama penyelenggaranya…dan pas itu sebenernya saya udah pesimis dan nggak berharap banya buat lolos tahap pertama LOL.
Sesaat kemudian,salah satu dari 4 kakak kelas yang waktu itu dateng ke sekolah buat bantuin proses rekruitmen itu keluar dari Lab. Komputer Jurusan,dia udah bawa kertas yang isinya nama-nama yang lolos tes rekruitmen tahap pertama,dan saat itu saya cuma bisa melongo seolah-olah udah hopeless sambil nepuk-nepuk tumpukan dus snack kayak orang main alat musik tabuh.

Dan saya hanya bertepuk tangan dengan lemesnya (gara-gara belom makan dari siang ceritanya) saat nama temen-temen saya dipanggil.

Sambil bengong (ya rada bengong sih,gak bengong maksimal),saya merhatiin mbak-nya yang mbacain nama-nama yang lolos tes tahap pertama. Tapi ada saat ke-bengong-an saya terpecah ketika mbak itu menyebut nama saya,asli nggak percaya saya bisa lolos tes tahap pertama,padahal saya hanya berbekal hasil tes yang pas-pasan,dan akhirnya dalam hati jelas saya seneng banget bisa lolos tes tahap pertama,dalam hati sebenernya saya juga berkata “nggak sia-sia gue ikut ini dari siang menjelang sore sampe adzan maghrib berkumandang…”

Ada 14 orang yang lolos tes tahap pertama,dan orang-orang itu (termasuk saya) masih nunggu untuk tes wawancara tahap pertama (ya anggep aja ini tes rekruitmen tahap kedua)…Dan pas giliran saya di-interview,saya rada deg-degan (walau nggak sampe kebangetan juga) begitu masuk ke ruangan…dan ternyata saya disitu ditanyain kalo misalnya ya,MISALNYA saya diterima magang di PT.XX,saya pilih bagian konstruksi atau lighting…dan saya lebih milih untuk dapet di bagian lighting,karena secara pribadi sendiri kalo di sekolah saya belum pernah diajarin sama yang namanya teknik pencahayaan secara spesifik,dan itung-itung nambah ilmu plus pengalaman ngurusin sesuatu yang berbau teknik lighting.

Setelah saya dan temen-temen yang lolos tes tahap pertama kelar melakukan tes wawancara tahap pertama,akhirnya kita saling kepo tanya-tanya tadi ditanyain apa aja sama yang interview wkwkwk~dan kami masih menunggu kepastian siapa aja yang bakal lolos tes wawancara tahap pertama selama beberapa hari kedepan.

Beberapa hari kemudian….waktu sore-sore saya dapet telepon,nomer telepon nya sih kayak nomor rumah,dan saya berspekulasi kalo yang telepon saya itu adalah staff dari PT.XX,tapi waktu itu saya nggak sempet ngangkat telponnya gegara ketiduran…dan akhirnya saya tanya sama salah satu temen saya yang juga katanya ditelpon sama PT.XX,dan setelah tanya,saya langsung menghubungi nomor itu,tapi…nggak diangkat,padahal udah sampe 4 kali saya telepon,ya kali kantornya kalo jam sore menjelang malem udah nggak ada orang,atau apalah itu…tiba-tiba saya merasa gundah gulana *idih banget* gara-gara saya nggak ngangkat telpon dari PT.XX,tapi untung aja temen saya yang tadi saya tanyain lewat SMS itu kemudian menenangkan saya dari kegundahan itu wkwkwk~ *halah lagi*

-skip-

Selasa,17 Maret 2015. Ceritanya hari itu adalah tes wawancara tahap akhir…saya dan temen-temen yang lolos tes wawancara tahap awal diharapkan untuk datang ke kantornya PT.XX yang ternyata sama rumah saya jaraknya cuma sekitar 1 kilo kurang dikit,waktu itu sebenernya tes wawancara nya dibuat sistem shift…dan kebetulan saya dapet giliran yang jam 2 siang,kebetulan sekolah pulangnya jam 12 siang,jadi masih ada kesempatan saya buat pulang ke rumah dulu buat leyeh-leyeh sekalian isi perut. Sekitar pukul setengah 2 saya cabut dari rumah ke kantor PT.XX,perjalanan dari rumah ke TKP nggak lama-lama amat,cuma sekitar 10 menit-an (itu soalnya saya sama bapak saya dianter lewat jalan yang rame).

Setelah saya sampe di depan gerbang kantor,saya clingak-clinguk liatin bangunan luar kantornya…dan sejenak kemudian saya masuk ke bagian dalam,pertamanya saya kira belum ada temen,soalnya yang saya lihat dari balik jendela kantor isinya cuma orang-orang yang sibuk sama job-nya,da nada beberapa kakak kelas saya juga ada disitu,tapi nggak lama kemudian salah satu kakak kelas yang juga magang disitu akhirnya manggil saya dan saya pun disuruh masuk lewat pintu ‘tersembunyi’,habis masuk disitu,saya lihat ada 2 orang temen saya yang lagi menunggu untuk di interview (sebenernya udah ada 3 orang,tapi yang satunya lagi di interview),ya udah deh saya akhirnya ngobrol-ngobrol santai aja sama mereka biar suasananya nggak berasa awkward.

Suasana yang saya dapet di dalem kantor itu adalah…feels like in the house,sampe saya mikir ini kantor apa rumah sih…kenapa suasananya enak begini,dan rasanya kalo masuk di kantor itu nggak kayak masuk ke kantor,karena atmosfer nya sendiri udah kayak masuk rumah,dan kalo lihat eksterior nya pun juga nggak kayak kantor amat,sampe gegara lama nungguin temen-temen yang dari kloter 1 di-interview,saya jadi sedikit ngantuk *hoam*,tapi untung saya dan temen-temen saya disuguhin brownies sama teh botol sama orang kantornya~tahu aja kalo saya suka makan makanan manis =w=

Nah,setelah 3 orang dari kloter pertama selesai interview,tiba saatnya saya untuk sesi interview…waktu itu interviewnya dilaksanakan di lantai 2 kantor,pas naik ke lantai 2 rasanya ngeri-ngeri gimana gitu…habis tangga-nya nggak ada pegangannya LOL,tapi saya nggak jatuh kok =v= ,sebelum masuk ke ruangan interview,saya lihat-lihat suasana di lantai 2 untuk beberapa detik,rasanya udah kayak masuk rumah aje sih…suasananya cozy buat saya pribadi,tapi saya nggak lama-lama untuk hal itu,kemudian saya masuk ke ruang interview….

 Pas itu saya ditanyain beberapa hal soal-soal pribadi gitulah,dan yang jelas saya juga ditanyain soal gaji yang pengen saya peroleh kalo saya magang disitu…dan soal ini yang bikin saya agak bingung

“Mbak kalo misalnya magang disini,kamu bakal dapet apa aja…”,ibu-ibu yang interview saya membuka pertanyaan.

“Engg~Pengalaman magang”,saya jawab dengan apa adanya.

“Selain itu ?”

Dalem hati saya berkata sejenak,”ini pasti mau gak mau gue kudu bilang ‘dapet gaji’ juga…”

Akhirnya saya jawab,”Yah saya kan sebagai manusia biasa,pasti saya berharap juga bisa dapet gaji,bu”

“Kamu emang mau gaji berapa ?”,tanya peng-interview dengan nada penasaran.

“Ya…minimal UMR saja,bu…”,saya sebenernya udah siap-siapin jawaban ini kalo ditanyain soal gaji.

“Kamu tahu nggak UMR di Jogja berapa ?”,sepertinya pertanyaan ini agak menjebak saya pada saat itu.

Saya kembali membatin sejenak,”Aduh berapa pula UMR Jogja…kalo kira-kira sih paling kisaran 1.2, 1.3 apa 1.4 an~”

Sebelum saya jawab soal UMR,saya tanya bentar sama ibu peng-interview nya itu…”Bu,UMR kan tiap tahun nya berubah-rubah,kan?”

“Iya,kalo yang sekarang ini berapa emangnya ?”

“Err~ sekitar 1.3 mungkin bu….”,nafas saya sedikit tercekat bilang jumlah UMR-nya,entah itu salah apa bener…tapi setahuku kalo pernah denger-denger yah sekitar segituan lah kalo buat tahun ini.

“Oke…tapi saya jelaskan ya,disini kami memberi gaji-nya per jam….jadi kalau misalnya ada anak magang disini,satu jam kerja kami beri 5000 rupiah…”,pada akhirnya ibu peng-interview itu menjelaskan pada saya kalo ternyata di PT.XX itu gajinya dihitung per jam,dan buat gaji sendiri mereka lebih menyebutnya sebagai penghargaan (ya gak papa sih kalo soal itu mah…),Yoshi~jadi kalo misalnya kamu magang disitu,satu jam kamu kerja itu dapet 5000 rupiah,kalo dikalikan kurang lebih 8 jam kerja jadinya satu hari kamu bisa ngantongin sekitar 40.000 rupiah lebih,dan kalo udah satu bulan kerja kamu bisa ngantongin sekitar 800.000 rupiah lebih,ya lumayan lho buat anak SMK yang lagi magang di dalam kota~setidaknya kalo dapet uang itu dari hasil keringat sendiri TwT

Ya buat sekedar info aja sih,disitu itu kita nanti kerjanya dari jam setengah 8 pagi sampai jam 5 sore,dan kita dapet break dari jam 12 siang – 1 siang (kayaknya),dan kalo hari Sabtu-Minggu libur…jadinya saya tadi ngambil contoh perhitungan gajinya berdasarkan dari yang hari Sabtu-Minggu-nya paling banyak dalam satu tahun wkwkwk~ =w=

Okelah,kembali ke topik aja deh….selain soal gaji,ada hal-hal lain yang ditanyain kayak habis magang mau kerja apa kuliah,kalo di rumah biasanya ngapain aja,ikut organisasi sekolah apa aja,dan semuanya saya jawab dengan sejujur-jujurnya *iyalah*,tapi pada akhirnya saya juga tanya-tanya seputar reputasi perusahaan sama proyek-proyek kerjanya…dan semacam itulah pokoknya,dan setelah beberapa menit berlalu…akhirnya saya memutuskan untuk keluar dari ruang interview dan seketika di-kepo-in sama temen-temen soal pertanyaan apa aja yang ditanyain.

Saya dan temen-temen akhirnya pulang ke rumah masing-masing sekitar pukul setengah 6 sore,katanya kakak kelas yang magang disitu sih pengumuman selanjutnya bakal diumumin paling lambat satu minggu setelah interview hari itu,akhirnya saya berharap semoga semuanya bisa lolos tes wawancara ini ^_^a

Sempet waktu hari Jumat-nya ada salah satu temen saya yang ikutan tes wawancara di PT.XX dateng ke rumah saya buat minjem kamera buat acara di tempatnya dia,waktu itu dia sempet bilang ke saya kalo konon katanya semua yang ikut tes wawancara (ada 9 orang yang ikut waktu itu,harusnya ada 12 orang yang ikutan,tapi ada seorang yang berhalangan nggak bisa ikut karena keperluan penting,dan yang 2 orang lainnya…entahlah~) bakal keterima semua…lha saya langsung optimis-optimis aja waktu habis dibilangin gitu sama temen saya…saya berdo’a moga-moga semuanya bisa diterima.

Emang pas itu saya berharap banyak bisa diterima magang di PT.XX,saya udah berusaha pas tes,dan udah berdoa sebagai penyeimbangnya *weleh~*,tapi sebenernya saya juga bingung kenapa nggak dihubungin sih…padahal seminggu lagi udah hampir deket pas itu,hari ke hari saya menunggu kepastian *asik dah nunggu kepastian segala*,dan akhirnya tepat satu minggu saya nggak dihubungin juga.

Rabu,25 Maret 2015. Pagi hari,saya udah beranggapan positif kalo nanti siang apa sorean saya bakal dihubungin sama PT.XX,dan pada akhirnya saya memutuskan untuk mengesampingkan kebingungan saya untuk beberapa jam kedepan.

Saya memilih untuk fokus ke pelajaran *halah gayanya sok-sokan amat saya ini =w=*,ya mungkin lebih tepatnya saya lebih fokus untuk melupakan soal rekruitmen dan memilih untuk ngobrol ini-itu sama temen deket saya,sampai ada seseorang di kelas yang berbicara dengan nada seperti orang teriak (apa emang teriak kali ya…),dia mengalihkan perhatianku untuk sesaat.

“Eh iki aku entuk SMS seko PT.XX (Eh ini aku dapet SMS dari PT.XX)”,kata seorang temenku yang juga salah satu orang yang ikut tes wawancara di kantornya PT.XX. Dibacalah SMS itu sama dia,di dalem SMS itu ternyata ada nama-nama yang keterima tes rekruitmen….seketika aku langsung memperhatikan nama-nama yang disebut oleh temenku tadi.

Nama demi nama disebut,namun tak ada satu nama yang sama dengan namaku *heleh*,dan pada akhirnya ada total 8 orang yang diterima. Yups,itu artinya semua peserta yang ikut tes wawancara tahap akhir berhasil diterima magang di PT.XX.

Kecuali saya….

Sejenak rasanya ada sesuatu yang mencekat diriku,dan nggak tahu mendadak perasaan saya menjadi campur aduk…rasa kecewa jelas terasa pada saat itu,dan pada saat itu pula temen deket saya (alias temen sebangku saya juga) mengatakan sesuatu pada saya.

“Wah aku kalo jadi kamu pasti bakal berkata-kata dalam hati,’Kok bisa kayak begini sih !?’”

Dia bisa dengan jelas melihat ada rasa kecewa pada saya sendiri,ya memang awalnya pasti perasaan kecewa itu ada,tapi mau nggak mau saya harus menepis kekecewaan itu dengan hal-hal yang lebih menyenangkan daripada ditolak perusahaan. Ya memang awalnya saya juga heran kenapa dari 9 peserta,hanya saya saja yang nggak lolos tes wawancara,dan sempat kepikiran kenapa saya nggak lolosnya baru saat-saat terakhir begini,rada nyesek sih…hahahaha~ xD

Tapi,disamping itu saya juga mendapat pelajaran dari ‘penolakan’ kali ini…

Setidaknya saya merasakan betapa sulitnya seseorang mencari lapangan pekerjaan,kalau sudah dapat pekerjaan pun,terkadang hasil yang kita terima dari kerja keras kita kadang belum tentu sesuai dengan bayangan kita. Saya juga berpikir ternyata dalam lingkungan kerja itu pesaingnya banyak sekali,dalam cerita kali ini saja saingan saya masih teman-teman sekelas,dan ini juga baru tes magang…bayangkan saja kalau ikut tes cari pekerjaan tetap mau kayak gimana pesaing-nya,pasti bakal jauh lebih banyak dan lebih bervariasi. Maka dari itu,saya bisa ambil kesimpulan dari pengalaman kali ini untuk selalu bekerja keras dan pantang menyerah,ditambah berdo’a untuk mendapatkan kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Mungkin tempat itu belum jadi rejeki buat saya…dan mungkin saya harus lebih banyak do’a lagi…xD

Masih ada kesempatan habis Ujian Nasional juga,semangat buat saya dan temen-temen yang masih pada belum dapet tempat magang/PKL,dan buat yang sudah dapet…Omedetou gozaimasu ! !~ xD

Yoshi ! Pokoknya sekarang saya mau fokus ke Ujian Nasional dulu aja deh kalo gitu wkwkwk~yo buat readers yang udah kelas 3 SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat tetep semangat ya,UNAS tinggal sebentar lagi,dan semoga semuanya berusaha dengan sekuat tenaga,jangan lupa do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa,dan semoga nanti bisa dapet hasil yang maksimal~
Dan buat para readers semua,semoga kalian senang dengan cerita pengalaman saya kali ini,maaf kalo tulisannya garing-garing-gimana-gitu…maklum saya juga masih penulis pemula,dan semoga para readers tetap semangat menjalani aktivitas masing-masing~

Akhir kata saya mengucapkan Terimakasih,Thank You,Arigatougozaimasu untuk semua pembaca \(^w^)/
See you in the next story ! !~



-black_kurogane-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar