Selasa, 24 Maret 2015

BAGI-BAGI CERITA SOAL DUNIA IT

               Hello…pada kesempatan kali ini saya mau bagi-bagi cerita tentang saya dengan dunia yang pastinya saya nggak bisa lepas dari dunia itu. Yap,dunia IT.


                Pertama kali saya kenal dengan dunia IT yaitu ketika saya masih duduk di kelas 4 SD,waktu itu teman saya cerita tentang kegiatannya dengan dunia IT di rumahnya,dia kerap menonton video-video yang diunggah di internet dengan PC dan koneksi internet yang dia punya di rumah,setelah teman saya beberapa kali bercerita,saya merasa penasaran dengan apa itu internet.

                Suatu hari,ayah saya mengajak saya untuk main ke warnet,setelah sebelumnya saya menceritakan rasa penasaran saya pada ayah saya soal internet. Ketika di warnet,saya melihat ayah saya sedang mengirimkan sebuah surat elektronik (e-mail),kemudian saya juga tidak lupa untuk menjajal layanan internet di warnet dengan membuka situs mesin pencarian yang pastinya semua sudah pada tahu nama websitenya.

                Saat saya mulai masuk ke dunia internet,saya jadi paham kalau di dunia internet itu semuanya bisa kita dapatkan,informasi berupa tulisan,audio,maupun video bisa didapat dengan mudah dengan adanya internet yang makin hari makin berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat pengguna internet.

                Saat kelas 6 SD,ayah saya memutuskan untuk membeli sebuah laptop dan modem (dan kartu internet tentunya),saat itu saya juga mulai mengenal situs-situs terkenal lainnya selain Google,seperti Youtube,Yahoo! dan lain sebagainya.

                Saya baru mulai benar-benar memanfaatkan fasilitas internet pada saat saya duduk di bangku SMP,ketika itu guru saya menyarankan saya dan teman-teman untuk membuat akun Yahoo! dan akun jejaring sosial yang saat itu sedang marak-maraknya,Facebook. Saat itu juga saya mulai mengenal Blogger,saya kerap mengunggah tulisan/karangan,atau apa saja yang saya buat ke alamat blog saya hingga saat ini.

                Tidak lupa saya juga mulai mengenal cara meng-upload dan download sebuah file dari internet,saya saat itu sangat senang bisa mengunduh gambar,musik,maupun video yang saya sukai lewat internet,sejak itu saya jadi memiliki banyak sekali koleksi gambar,musik dan video di laptop.

                Selama ini,saya pribadi tidak bisa terlepas dari dunia internet,karena pada zaman sekarang internet memegang kendali yang besar terhadap peradaban dunia,kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan kita,kita dapat belajar materi-materi yang kita butuhkan lewat internet,dan kita dapat bersenang-senang lewat internet juga.


                Banyak pengalaman yang saya dapat dari perkembangan dunia IT ini,antara lain saya bisa bergabung dalam sebuah komunitas hobi yang saya gemari,saya berinteraksi dengan banyak teman yang memiliki hobi yang sama dengan saya,kami sharing pengalaman dan saling berbagi ilmu,serta memberikan kritik dan saran yang membangun terkait dengan karya yang diunggah di website komunitas tersebut.

                Namun selain dari sekian banyak manfaat positif yang saya dapat lewat perkembangan IT,ada pula hal-hal yang kurang berkenan terkait dengan perkembangan IT,bagi saya dengan adanya internet,dan dengan semakin mudahnya komunikasi antar orang dengan jarak yang jauh,secara tidak langsung hal itu akan menjadikan seseorang menjadi malas untuk melakukan interaksi secara langsung,saya sendiri sudah mengalami masa-masa dimana saya mengalami kemalasan dalam berinteraksi dengan orang lain secara langsung,serta membuat seseorang menjadi terisolasi dengan dunia nyata,ditambah lagi dengan adanya konten-konten yang tidak semestinya dilihat oleh anak-anak dibawah umur dengan mudah bertebaran di ranah internet,jika ada anak-anak yang membuka internet,kemudian dengan sengaja/tidak sengaja membuka konten tersebut,maka akan membuat anak tersebut menjadi ‘mengetahui sesuatu yang semestinya tidak dia ketahui saat itu’. Serta adanya pembajakan/penjiplakan terhadap suatu karya seperti musik,gambar,dan lainnya (walaupun saya juga kalau download musik pasti juga download yang bajakan,sih…ampun deh). 

                Harapan saya dengan dunia IT….

                Apa ya…sebenarnya banyak sekali yang saya harapkan dari perkembangan dunia IT,namun yang terpenting,semoga dengan berkembangnya dunia IT,kebutuhan informasi para penggunanya semakin terpenuhi dengan mudah,namun dengan tanpa mengabaikan norma-norma kesopanan dan kewajaran yang berlaku di Negara masing-masing,ya berhubung saya orang Indonesia,ya jadi sesuai dengan norma yang berlaku di Negara Indonesia dong pastinya. Dan saya harap semua orang (termasuk saya) agar tidak diperbudak dengan kemajuan IT,dan mampu memanfaatkan dan memberdayakan internet dengan sebaik-baiknya.

                Nah,saya kira sudah cukup saya sharing-nya,semoga tulisan saya bermanfaat untuk semua readers yang membaca artikel ini,sekian dan terima kasih.

                Salam hangat dari writer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar